Minggu, 10 Maret 2019

Belajar Ilmu Agama

*Bersegeralah dalam beramal sholeh*

Bersegera dalam kebaikan sangat dianjurkan dalam Islam. Bisa jadi kesempatan berbuat baik akan terlewatkan jika tidak bersegera. Sebab waktu tak bisa diputar, kesempatan belum tentu datang dua kali. *Betapa pentingnya manusia untuk selalu menghargai waktu.* Sehingga bisa tergolong orang-orang yang beruntung.

Allah telah berfirman, _”Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang bersegera dalam mengerjakan berbagai macam kebaikan, dan mereka senantiasa berdoa kepada Kami dengan disertai rasa harap dan cemas. Dan mereka pun senantiasa khusyu’ dalam beribadah kepada Kami.”_ (QS. Al Anbiyaa’ [21] : 90).

Dalam surat & ayat yg lain pun Allah Ta’ala berfirman,
فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ
_“Berlomba-lombalah dalam kebaikan.”_ (QS. Al Baqarah: 148).

Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, _“Bersegeralah kamu sekalian untuk beramal sebelum datangnya tujuh hal: apakah yang kamu nantikan kecuali kemiskinan yang dapat melupakan, kekayaan yang dapat menimbulkan *kesombongan*, sakit yang dapat mengendorkan, tua renta yang dapat melemahkan, mati yang dapat menyudahkan segalanya atau menunggu datangnya Dajjal padahal ia sejelek-jelek yang ditunggu, atau menunggu datangnya hari kiamat padahal kiamat adalah suatu yang sangat berat dan menakutkan._ (H.R. Tirmidzi)

0 komentar: